Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Penerapan Marketing Mix Secara Online

Penerapan Marketing Mix di dunia online sebenarnya secara prinsip tidak berbeda dengan penerapan marketing mix di dunia offline, yang berbeda adalah media nya saja. Anda bisa menerapkan marketing mix yang anda kuasai pada bisnis online anda.

Pengertian Bauran Pemasaran [Marketing Mix] :
(Marketing Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.

yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.

Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalahkombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.

2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk.

3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.

4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.

c. Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.

e. Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
Bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, dan promotion (4P)seiring perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan telah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran. Lovelock dan Wright (2002:13-15) mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated service management dengan menggunakan pendekatan 7Ps, yaitu:
1.    1Product elements adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.

2. Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan.

3.    Price and other user outlays adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau sajikan.

4.    Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan 


5.    Productivity and quality, produktivitas adalah sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang dapat menambah nilai bagi pelanggan, sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan.

6.     People adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).

7.    Physical evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.

Pemasaran Online:
  Pemasaran Online adalah pemasaran secara online yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang  menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik
   
Manfaat Pemasaran Online:

-Bagi Pembeli :     -Nyaman      
                              - Akses dan pilihan lebih lengkap
                              - Interaktif dan lebih cepat
                              -Memberi banyak akses dan informasi  
                              - Dapat di atur dengan tepat
                              - Menekan biaya efektif dan Efisien

Tantangan Pemasaran Online:
- Keterapan dan pembelian konsumen yang terbatas
- Kekacauan dan kesemerautan

Penerapan Marketing Mix
Marketing mix memang kompleks. Perubahan musim dan flluktuasi penjualan. Setiap pasar yang baru seakan memanggil anda untuk sedikit melakukan evolusi , fungsinya untuk mengambil tempat dalam operasi bisnis Anda.

Untuk terus berkembang dalam keadaan ini, Anda perlu mengubah bagaimana penempatan barang-barang Anda di pasar.

Inilah dimana marketing mix dapat membantu Anda.
Secara sederhana, itu adalah satu set dari unsur-unsur yang Anda gunakan untuk membuat keputusan pemasaran. Unsur-unsur Marketing mix dipanggil dengan 4P: Product, price, place, and promotion.
Tentu saja, pemasaran yang efektif merupakan proses yang berkelanjutan. Dengan Marketing Mix, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan variabel untuk mendapatkan manfaat maksimal dari fungsi pemasaran Anda. Mengacu pada 4P secara teratur dan menilai apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam strategi Anda saat ini. Anda akan lebih siap dengan cara yang lebih efisien untuk mencapainya, tidak hanya untuk tujuan penjualan  jangka pendek, tetapi juga keberhasilan yang menguntungkan untuk jangka panjang.
Product
Produk Anda terdiri dari semua barang yang Anda bawa sebagai bagian dari penawaran Anda. Ini termasuk setiap fitur berwujud yang menyertai barang Anda untuk membuat brand produk Anda.
Sebagai Contoh produk berwujud seperti tas dan sepatu sudah termasuk dalam aset yang tidak terwujud seperti nilai suatu brand dan pelayanan pelanggan. Demikian juga layanan tak berwujud lainnya seperti pariwisata, industri keuangan, dan informasi dapat datang bersama dengan hal hal lain, yaitu kemasan yang memungkinkan pembeli Anda untuk merasakan nuansa, aroma, dan sentuhan produk Anda.
Dua faktor terbesar yang mempengaruhi keputusan pembeli sebelum mereka membeli barang Anda adalah:
Fungsi: Apa yang pelanggan  anda inginkan atau butuhkan? Apakah produk Anda memenuhi kebutuhan ini?

Penampilan: Bagaimana pelanggan Anda akan melihat tampilan dan nuansa dari produk Anda? Bagaimana mereka akan mengalaminya? Ketika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda mungkin sudah mengembangkan beberapa ide di kepala Anda untuk meningkatkan taktik pemasaran Anda saat ini. Itu karena produk Anda adalah kernel dari strategi pemasaran Anda, dan untuk alasan itu, itu harus menjadi fokus utama dengan mana Anda melakukan semua kegiatan pemasaran marketing mix Anda.
Price
Marketers tidak akan pernah memberitahu Anda untuk bersaing pada harga saja. Meskipun harga adalah salah satu unsur dalam Marketing Mix yang menciptakan pendapatan penjualan, Anda juga harus mempertimbangkan berapa banyak pelanggan Anda bersedia untuk membayar.
Penyesuaian harga hanya dapat diinduksi dengan menemukan berapa pelanggan yang memahami nilai dijual. Melakukan penelitian yang luas tentang bagaimana konsumen berpendapat tentang semua merek yang mirip dengan produk Anda, karena mungkin telah ada kisaran harga untuk produk tertentu Anda akan jual.
Lakukan apa saja untuk meningkatkan penilaian yang dirasakan pelanggan  dari produk Anda, bahkan jika Anda harus  sepenuhnya melakukanRebrand bisnis Anda. Tujuan dari label harga adalah untuk menyampaikan kualitas produk Anda dan memperkuat sisa usaha pemasaran Anda.
Place 
Tanpa pemasaran yang efektif, orang tidak akan pernah tahu keberadaannya. Bayangkan diri Anda berdiri di depan kios: Anda dibombardir dengan berita yang menarik, tipografi mewah, dan gambar provokatif.
Majalah apa yang paling menarik untuk anda? Mengapa tampak menarik untuk Anda? Seberapa besar kemungkinan Anda untuk mengambilnya, dan membelinya?
Ini adalah pertanyaan industri majalah ,meminta pembaca setiap hari untuk berinteraksi melalui semua cara yang mereka buat untuk bisa mendapatkan pendapat konsumen ‘- hal-hal seperti polling, survei, dan wawancara - untuk memahami bagaimana mereka membuat tata letak saluran distribusi terbaik untuk segmen pasar mereka.
Prioritas Anda adalah untuk membuat barang-barang Anda tersedia untuk pelanggan Anda. Seperti kata pepatah, barang harus berada di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat. Ini adalah di mana Anda merancang sistem distribusi dan dikelola untuk menangani operasi seperti transportasi barang dan penyimpanan.
Apa kepentingan mereka? Apa jenis toko yang mereka sukai? Apakah mereka lebih memilih untuk membeli barang-barang mereka di-toko atau online?
Semakin Anda memahami perilaku pembelian, pengiriman produk anda akan lebih mudah dan produk Anda menjadi lebih pas untuk segmen pasar Anda. Hal ini semakin membedakan penawaran Anda dari pesaing dengan menerapkan marketing mix.
Promotion
Pada akhirnya, logistik pemasaran Anda tergantung pada daerah industri Anda . industri majalah dan surat kabar masih mengembangkan model distribusi yang paling efektif untuk menempatkan produk digital mereka dan juga produk cetak. Untuk sebuah industri yang kompetitif, diversifikasi saluran Anda mendorong eksposur dan memaksimalkan keuntungan pendapatan Anda.
Di marketing mix inilah kreativitas dibutuhkan: Promosi menyajikan segala sesuatu tentang Anda melalui iklan yang kreatif, promosi penjualan yang efisien, hubungan masyarakat yang kuat,dan penampilan lainnya untuk menunjukkan pada orang lain apa yang Anda tawarkan kepada pasar.  Bahkan dengan budget minimal anda bisa melakukan strategi  promosi  efektif.
Ini berhubungan dengan penempatan produk Anda: materi promosi Anda harus bertujuan untuk berkomunikasi dengan audiens Anda tentang keberadaan dan ketersediaan produk Anda. Bila dilakukan secara teratur, promosi tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga mendorong penerimaan produk baru anda karena itu pengakuan yang lebih luas dari merek Anda.



Posting Komentar

2 Komentar

  1. Selamat Siang.
    Salam sukses untuk anda.
    Perkenalkan nama saya Arya sebagai Business Development dari ForexMart.
    Saya sangat tertarik dengan artikel artikel anda , maka dari itu dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin memberikan penawaran pada anda mengenai kerja sama Program Afiliasi dari ForexMart secara gratis yang dapat menguntungkan anda.
    Boleh saya minta contact anda yang dapat saya hubungi?
    untuk menjelaskan keuntungan, program, dan membantu anda lebih lanjut mengenai afiliasi ini. Atau anda bisa email saya di: Arya@forexmart.com / Facebook: AryaForexMart Terima Kasih.

    BalasHapus
  2. Apakah saat ini anda bingung mencari peluang usaha tanpa modal, bahkan pernah berbisnis tapi terus menerus di tipu oleh orang lain, pastinya anda sangat rugi sekali, bahkan bakar uang saja, tidak dapat hasil apapun, artinya anda sangat butuh uang

    Nah bagi anda yang mengalami masalah tersebut, maka ada rekomendasi terbaik peluang usaha untuk mahasiswa yang menguntungkan 2 kali lipat dari sebelumnya yang belum banyak orang tahu, buruan klik sebelum terlambat disini bisnis untuk mahasiswa

    BalasHapus

Terima kasih telah berkomentar di blog ini. Semoga kritik atau saran yang anda berikan, dapat memberikan kontribusi yang baik demi kemajuan blog ini.

Ad Code

Responsive Advertisement