Penerapan
Marketing Mix di dunia online sebenarnya
secara prinsip tidak berbeda dengan penerapan marketing mix di dunia offline, yang berbeda adalah media nya saja.
Anda bisa menerapkan marketing mix yang
anda kuasai pada bisnis online anda.
Pengertian
Bauran Pemasaran [Marketing Mix] :
(Marketing
Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang
dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan
pemasaran dalam pasar sasaran.
yang kurang lebih
memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang
digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang
dituju.
Menurut
Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalahkombinasi dari 4 variabel
atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu
produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
2.
Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen
bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk.
3.
Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.
4.
Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan
dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. b. Sales promotion, yaitu
insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk
dan jasa.
c. Public relations
and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan
dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
e. Direct marketing,
yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon
dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat,
telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix]
Bauran pemasaran yang
terdiri dari product, price, place, dan promotion (4P)seiring
perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan
telah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan
perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran. Lovelock dan Wright
(2002:13-15) mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated
service management dengan menggunakan pendekatan 7Ps, yaitu:
1. 1. Product elements
adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi
pelanggan.
2. Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan.
3.
Price and other user
outlays adalah pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang pelanggan korbankan
dalam membeli dan mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau
sajikan.
4.
Process adalah suatu
metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan
produk dan layanan yang baik kepada pelanggan
5.
Productivity and
quality, produktivitas adalah sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan
ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang dapat menambah nilai bagi
pelanggan, sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan
pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan.
6.
People adalah pelanggan dan karyawan yang
terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production).
7.
Physical evidence
adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata
kualitas produk dan layanan.
Pemasaran Online:
Pemasaran
Online adalah pemasaran secara online yang dilakukan melalui sistem komputer
online interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara
elektronik
Manfaat Pemasaran
Online:
-Bagi Pembeli :
-Nyaman
- Akses dan pilihan lebih lengkap
- Interaktif dan lebih cepat
-Memberi banyak akses dan informasi
- Dapat di atur dengan tepat
- Menekan
biaya efektif dan Efisien
Tantangan Pemasaran
Online:
- Keterapan
dan pembelian konsumen yang terbatas
- Kekacauan dan
kesemerautan
Penerapan Marketing Mix
Marketing mix memang
kompleks. Perubahan musim dan flluktuasi penjualan. Setiap pasar yang baru
seakan memanggil anda untuk sedikit melakukan evolusi , fungsinya untuk
mengambil tempat dalam operasi bisnis Anda.
Untuk terus berkembang
dalam keadaan ini, Anda perlu mengubah bagaimana penempatan barang-barang Anda
di pasar.
Inilah dimana marketing
mix dapat membantu Anda.
Secara sederhana, itu
adalah satu set dari unsur-unsur yang Anda gunakan untuk membuat keputusan
pemasaran. Unsur-unsur Marketing mix dipanggil dengan 4P: Product, price,
place, and promotion.
Tentu saja, pemasaran yang efektif merupakan
proses yang berkelanjutan. Dengan Marketing Mix, Anda dapat dengan mudah
menyesuaikan variabel untuk mendapatkan manfaat maksimal dari fungsi pemasaran
Anda. Mengacu pada 4P secara teratur dan menilai apa yang berhasil dan apa yang
tidak dalam strategi Anda saat ini. Anda akan lebih siap dengan cara yang lebih
efisien untuk mencapainya, tidak hanya untuk tujuan penjualan jangka
pendek, tetapi juga keberhasilan yang menguntungkan untuk jangka panjang.
Product
Produk Anda terdiri dari semua barang yang
Anda bawa sebagai bagian dari penawaran Anda. Ini termasuk setiap fitur
berwujud yang menyertai barang Anda untuk membuat brand produk Anda.
Sebagai Contoh produk berwujud seperti tas dan
sepatu sudah termasuk dalam aset yang tidak terwujud seperti nilai suatu brand
dan pelayanan pelanggan. Demikian juga layanan tak berwujud lainnya seperti
pariwisata, industri keuangan, dan informasi dapat datang bersama dengan hal
hal lain, yaitu kemasan yang memungkinkan pembeli Anda untuk merasakan
nuansa, aroma, dan sentuhan produk Anda.
Dua faktor terbesar yang mempengaruhi
keputusan pembeli sebelum mereka membeli barang Anda adalah:
Fungsi: Apa yang pelanggan anda inginkan atau butuhkan? Apakah
produk Anda memenuhi kebutuhan ini?
Penampilan: Bagaimana pelanggan Anda akan melihat tampilan dan nuansa dari produk Anda? Bagaimana mereka akan mengalaminya? Ketika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda mungkin sudah mengembangkan beberapa ide di kepala Anda untuk meningkatkan taktik pemasaran Anda saat ini. Itu karena produk Anda adalah kernel dari strategi pemasaran Anda, dan untuk alasan itu, itu harus menjadi fokus utama dengan mana Anda melakukan semua kegiatan pemasaran marketing mix Anda.
Price
Marketers tidak akan pernah memberitahu Anda
untuk bersaing pada harga saja. Meskipun harga adalah salah satu unsur dalam
Marketing Mix yang menciptakan pendapatan penjualan, Anda juga harus
mempertimbangkan berapa banyak pelanggan Anda bersedia untuk membayar.
Penyesuaian harga hanya dapat diinduksi dengan
menemukan berapa pelanggan yang memahami nilai dijual. Melakukan
penelitian yang luas tentang bagaimana konsumen berpendapat tentang semua merek
yang mirip dengan produk Anda, karena mungkin telah ada kisaran harga untuk
produk tertentu Anda akan jual.
Lakukan apa saja untuk meningkatkan penilaian
yang dirasakan pelanggan dari produk Anda, bahkan jika Anda harus
sepenuhnya melakukanRebrand bisnis Anda. Tujuan dari label harga
adalah untuk menyampaikan kualitas produk Anda dan memperkuat sisa usaha
pemasaran Anda.
Place
Tanpa pemasaran yang efektif, orang tidak akan
pernah tahu keberadaannya. Bayangkan diri Anda berdiri di depan kios: Anda
dibombardir dengan berita yang menarik, tipografi mewah, dan gambar provokatif.
Majalah apa yang paling menarik untuk anda? Mengapa
tampak menarik untuk Anda? Seberapa besar kemungkinan Anda untuk mengambilnya,
dan membelinya?
Ini adalah pertanyaan industri majalah
,meminta pembaca setiap hari untuk berinteraksi melalui semua cara yang mereka
buat untuk bisa mendapatkan pendapat konsumen ‘- hal-hal seperti polling,
survei, dan wawancara - untuk memahami bagaimana mereka membuat tata letak
saluran distribusi terbaik untuk segmen pasar mereka.
Prioritas Anda adalah untuk membuat
barang-barang Anda tersedia untuk pelanggan Anda. Seperti kata pepatah, barang
harus berada di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat. Ini adalah di
mana Anda merancang sistem distribusi dan dikelola untuk menangani operasi
seperti transportasi barang dan penyimpanan.
Apa kepentingan mereka? Apa jenis toko yang
mereka sukai? Apakah mereka lebih memilih untuk membeli barang-barang mereka
di-toko atau online?
Semakin Anda memahami perilaku pembelian,
pengiriman produk anda akan lebih mudah dan produk Anda menjadi lebih pas
untuk segmen pasar Anda. Hal ini semakin membedakan penawaran Anda dari pesaing
dengan menerapkan marketing mix.
Promotion
Pada akhirnya, logistik pemasaran Anda
tergantung pada daerah industri Anda . industri majalah dan surat kabar
masih mengembangkan model distribusi yang paling efektif untuk menempatkan
produk digital mereka dan juga produk cetak. Untuk sebuah industri yang
kompetitif, diversifikasi saluran Anda mendorong eksposur dan memaksimalkan
keuntungan pendapatan Anda.
Di marketing mix inilah kreativitas
dibutuhkan: Promosi menyajikan segala sesuatu tentang Anda melalui iklan yang
kreatif, promosi penjualan yang efisien, hubungan masyarakat yang kuat,dan
penampilan lainnya untuk menunjukkan pada orang lain apa yang Anda tawarkan
kepada pasar. Bahkan dengan budget minimal anda bisa melakukan strategi promosi efektif.
Ini berhubungan dengan penempatan produk Anda:
materi promosi Anda harus bertujuan untuk berkomunikasi dengan audiens Anda
tentang keberadaan dan ketersediaan produk Anda. Bila dilakukan secara teratur,
promosi tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga mendorong penerimaan
produk baru anda karena itu pengakuan yang lebih luas dari merek Anda.
2 Komentar
Selamat Siang.
BalasHapusSalam sukses untuk anda.
Perkenalkan nama saya Arya sebagai Business Development dari ForexMart.
Saya sangat tertarik dengan artikel artikel anda , maka dari itu dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin memberikan penawaran pada anda mengenai kerja sama Program Afiliasi dari ForexMart secara gratis yang dapat menguntungkan anda.
Boleh saya minta contact anda yang dapat saya hubungi?
untuk menjelaskan keuntungan, program, dan membantu anda lebih lanjut mengenai afiliasi ini. Atau anda bisa email saya di: Arya@forexmart.com / Facebook: AryaForexMart Terima Kasih.
Apakah saat ini anda bingung mencari peluang usaha tanpa modal, bahkan pernah berbisnis tapi terus menerus di tipu oleh orang lain, pastinya anda sangat rugi sekali, bahkan bakar uang saja, tidak dapat hasil apapun, artinya anda sangat butuh uang
BalasHapusNah bagi anda yang mengalami masalah tersebut, maka ada rekomendasi terbaik peluang usaha untuk mahasiswa yang menguntungkan 2 kali lipat dari sebelumnya yang belum banyak orang tahu, buruan klik sebelum terlambat disini bisnis untuk mahasiswa
Terima kasih telah berkomentar di blog ini. Semoga kritik atau saran yang anda berikan, dapat memberikan kontribusi yang baik demi kemajuan blog ini.