Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Blog : Pendapatan Pasif Atau Pendapatan Aktif ?

Apakah anda sudah mendapatkan penghasilan dari blog anda ?

Apakah anda merasa puas dengan hasil yang anda capai dari blog anda dalam memberikan pundi-pundi pemasukan uang  bagi anda ?

Jika anda pernah bertanya pada diri anda mengenai pendapatan dari blog anda, apakah pendapatan yang anda peroleh adalah pendapatan pasif atau pendapatan aktif ? . Jawaban dari pertanyaan anda tersebut bisa beragam sesuai dengan tingkat pendapatan yang anda peroleh dari blog anda.



Saat ini saya sendiri masih beranggapan bahwa pendapatan yang saya hasilkan dari blog saya masih sedikit dan blog milik saya masih sebagai sumber penghasilan pasif bagi saya. Namun saya sendiri tetap fokus untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama saya di kemudian hari. Bagaimana dengan anda ?

Mendapatkan penghasilan dari blog bukan lah sesuatu yang mustahil untuk kita wujudkan, semua bergantung cara dan pola pikir kita dalam membangun blog tersebut. Selain itu juga konten yang unik dan informatif merupakan sumber utama sebagai ' nafas ' dari sebuah blog.

Konsistensi dan persisten yang baik merupakan kunci keberhasilan dari sebuah usaha, tidak terkecuali dalam membangun blog yang baik khususnya berorientasi blogging  for money. Namun tidak semua orang bisa melakukan itu karena dibutuhkan kerja keras dan manajemen waktu yang baik untuk melakukannya.

Baik, kita kembali ke pertanyaan pokok yang menjadi judul bagi tulisan saya kali ini : Blog, pendapatan pasif atau pendapatan aktif ?

Mengenai pendapatan pasif ini bisa kita lakukan dengan berbagai cara dalam mengoptimasikan blog kita sebagai "ladang uang" bagi kita, diantara nya yaitu :

Menuliskan sebuah artikel dengan tujuan memasarkan produk orang lain. 
Cara ini bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari artikel yang kita tulis dengan membuat sebuah review atau sedikit ulasan mengenai produk yang kita tawarkan dengan menyertakan sebuah link affliasi di tulisan tersebut. Jika dari tulisan artikel yang anda buat tersebut menghasilkan penjualan dari pembaca blog anda yang berminat pada produk tersebut, maka akan memberikan penghasilan uang bagi anda. anda akan di bayar oleh pemilik produk tersebut sesuai kesepakatan anda dengan pemilik produk tersebut . Kegiatan ini sering disebut sebagai kegiatan affliate marketing. 

Ada 2 hal yang harus anda pahami dalam melakukan suatu kegiatan affliate marketing, yaitu :

  1. Blog anda harus memiliki tingkat pengunjung atau pembaca yang cukup tinggi atau dengan sebutan lain blog anda harus populer agar usaha anda dalam kegiatan affliate marketing tersebut berhasil.
  2. Anda tidak mengetahui siapa pembeli dari produk affliasi yang anda tawarkan, jadi anda tidak akan bisa memberikan penawaran produk lainnya.
Kegiatan Periklanan di blog anda.
Menurut saya kegiatan ini yang paling mudah dan cukup populer diantara webmaster atau blogger, yakni kegiatan memasang iklan baik berupa banner atau pun teks di blog anda. Penghasilan yang didapat dari iklan berasal dari jumlah klik iklan dari pengunjung blog anda, artinya semakin besar tingkat jumlah klik iklan yang diperoleh maka akan semakin besar pula pendapatan yang anda peroleh. ( tentunya masing-masing penyedia iklan mempunyai cara dan sistemnya masing-masing dalam menentukan jumlah klik iklan yang valid ). Salah satu jenis penyedia iklan model PPC yang terkenal ini adalah Google Adsense. Anda harus memiliki akun adsense untuk bisa mengikuti program iklan PPC mereka.

Kegiatan Membership dari sebuah situs membership online
ini merupakan model bisnis lanjutan atau sumber penghasilan lainnya dalam bentuk  keanggotan dari sebuah situs ecommerce atau sejenis nya. produk-produk nya bisa berupa produk fisik, jasa, pendidikan atau produk software dimana calon pelanggan akan membutuhkan nya secara terus menerus.

Pada dasarnya, bentuk bisnis keanggotan ini bisa anda terapkan dengan membuat sebuah form khusus berlangganan dan dihubungkan dengan blog anda. Nantinya calon pelanggan tersebut akan diarahkan ke situs yang menyediakan program keanggotaan tersebut setelah ia mengisi form berlangganan tersebut. Jika calon pelanggan tersebut mendaftar pada situs tersebut maka anda mendapatkan komisi dari situs keanggotaan tersebut.

Hal yang perlu di ingat dalam menjalankan program bisnis keanggotaan ini adalah blog anda juga harus populer. Dan bagi blog yang masih baru, saya sarankan agar membuat blog mempunyai traffic blog yang tinggi baru kemudian mengikuti program keanggotaan seperti ini.

Demikian mengenai pendapatan pasif yang bisa anda hasilkan dari blog anda. Tapi bagaimana pula dengan bentuk pendapatan aktif yang bisa anda peroleh dari blog anda. berikut penjelasan dari saya :

Ada beberapa kegiatan yang menghasilkan dari blog anda yang bersifat pendapatan aktif bagi anda, diantaranya dengan menjadikan blog sebagai porto folio dari keahlian yang anda miliki. Anda bisa menceritakan segala hal yang berkaitan dengan keahlian anda di blog anda, jika ada pembaca yang tertarik dengan keahlian anda tersebut, tentunya mereka akan menghubungi anda. Kemudian anda bisa menawarkan teori atau tutorial keahlian anda dalam bentuk ebook PDF atau video tutorial. Atau mungkin juga anda bisa membuka sebuah kursus online mengenai keahlian anda dan kemudian anda gunakan blog anda sebagai pintu gerbang menuju situs kursus online anda. Anda tertarik melakukannya ?

Selain itu juga bentuk pendapatan aktif lainnya  yang bisa anda lakukan yang berkaitan dengan keahlian anda yaitu dengan  bekerja sebagai Freelancer Online. Apa itu freelancer online ? freelancer online adalah orang yang bekerja paruh waktu atau penuh waktu untuk bekerja dengan orang lain sesuai keahlian anda, artinya anda bekerja sesuai permintaan dari klien yang membutuhkan jasa anda. Yang perlu diingat disini adalah anda tidak mendapatkan penghasilan jika anda tidak bekerja. Salah satu situs yang bisa saya referensikan untuk menjadi freelancer yaitu di situs oDesk, yang merupakan situs bagi freelancer dan juga bagi pemberi kerja freelance. Anda bisa kunjungi situsnya.

Kesimpulan dari saya

Secara teori penghasilan pasif sangat menguntungkan. Namun bagimana pun realitanya anda harus mengerjakan pekerjaan yang menghasilkan pendapatan aktif secara serius seiring jalan anda menghasilkan pendapatan pasif anda. Seseorang yang bisa menyelesaikan pekerjaan aktif ini dengan baik, tentunya ia juga bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya dengan baik.

Bagaimana dengan anda, apakah anda sudah melakukan kedua nya ? Saya harap begitu.

Dan sukses selalu untuk anda.


Salam.


Lihat juga artikel saya lainnya yang mengulas tentang 6 cara memonitisasi blog anda dan 4 cara membangun backlinks yang efektif dan berkualitas yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi anda.

ilustrasi gambar : www.wearenayakcom

Posting Komentar

2 Komentar

  1. NIce thank
    I have an infornmation for you , It is about making money online
    I need you to take part in here just open tab link here https://bit.ly/2wMECYG
    the way is easy just register, then go to user area, and start making money online
    I am glad you joining with us
    Succes to you

    BalasHapus
  2. Thanks infonya. Oiya, saya juga punya referensi tulisan nih tentang perbedaan mendasar antara pendapatan aktif dan pasif yang bisa mengantarkan temen-temen pada yang namanya kebebasan finansial. Yuk cek selengkapnya di sini: Perbedaan Pendapatan Aktif dan Pasif

    BalasHapus

Terima kasih telah berkomentar di blog ini. Semoga kritik atau saran yang anda berikan, dapat memberikan kontribusi yang baik demi kemajuan blog ini.

Ad Code

Responsive Advertisement