Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Membuat Blog Yang Bagus Dari Sisi Konten

Sebuah konten blog yang menarik adalah tulisan yang bisa menggugah atau mempengaruhi pembacanya, Itu menurut saya, mengapa saya sampaikan demikian ? Berdasarkan pengalaman saya pribadi dan melihat teman-teman blogger yang lain yang menulis konten artikel yang menarik, saya membuat kesimpulan demikian. Sebuah blog yang bagus, bukan hanya terletak pada tampilan dari blog saja tetapi juga kualitas konten yang dibuat juga ikut mempengaruhi reputasi dari blog tersebut. Mengapa bisa seperti itu ? Coba anda perhatikan pada blog-blog milik blogger yang sudah sukses dan profesional, mereka selalu memberikan nilai tambah pada blog nya yaitu berupa tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya. 

Selain  itu juga konten tidak harus selalu dalam bentuk tulisan, konten yang anda busat di blog juga bisa berupa gambar atau video yang ingin anda bagikan. Secara singkat, konten adalah informasi yang ingin anda bagikan kepada pembaca blog anda baik berupa tulisan, gambar maupun video.

Pembaca merupakan sumber traffic bagi blog anda. Pembaca blog anda yang setia akan selalu datang kembali ke blog anda jika mereka mendapatkan manfaat dari apa yang anda tuliskan di blog anda. Hal ini juga yang memberikan ide bagi saya untuk saling berbagi ilmu kepada anda tentang cara membuat blog yang bagus dari sisi konten blog anda. ada beberapa hal yang perlu anda pahami dan anda miliki didalam diri anda jika anda ingin membuat sebuah konten blog yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca blog anda, yaitu :

Anda hobi menulis di blog anda.
Ini berkaitan dengan minat anda untuk selalu menulis sebuah artikel di blog anda. minat menulis ini terkait dengan proses dalam membuat konten blog tersebut dengan mempelajari pengetahuan yang diperlukan, punya gairah menulis yang konsisten dan yang terpenting anda membuat konten untuk pembaca anda. 

Punya kemampuan menulis konten yang baik
Kemampuan menulis konten bisa berupa kemampuan menulis, edit foto, membuat atau mengedit video dan sebagainya. Jangan pernah merasa kurang percaya diri atau takut tulisan anda dianggap jelek oleh pembaca anda, namun seiring proses anda melatih dan mengembangkan gaya menulis anda, saya yakin anda akan menemukan cara dan gaya anda dalam menulis dan membuat konten di blog anda.

Anda mengerti apa yang anda lakukan
Ini merupakan hal terpenting dalam proses membangun blog dan menulis konten. Menurut saya pengetahuan mengenai pokok bahasan yang akan kita tulis di blog, bisa menjadi reputation building  bagi anda dan blog yang anda buat. Jangan menjadi blogger COPAS ( copy and paste ), karena biasanya blogger tipikal copy dan paste ini kebanyakan tidak memahami apa yang mereka tuliskan. Berlaku jujur lah pada diri anda sendiri.

 Berusaha mendapatkan banyak ide
Saat akan menulis sebuah konten terkadang kita merasa kehilangan ide mengenai topik yang akan kita tulis, menurut saya cara yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan penelitian 'kecil' terkait topik yang bisa anda buat. cara ini bisa anda lakukan dengan cara mencari trending topic atau apa yang sedang menjadi pembicaraan orang saat ini, tentunya harus sesuai dengan niche blog anda. Anda juga bisa membaca artikel saya yang lain yang berkaitan dengan bagaimana cara membuat blog yang bagus dari sisi konten yang bisa anda baca di 5 SUMBER IDE ANDA DALAM MENULIS POSTINGAN BLOG.

Dan yang terpenting dalam pembuatan konten di blog anda memperhatikan 2 hal yang selalu digunakan orang dalam menuliskan konten di blog nya, yaitu :

Membuat artikel. ini adalah cara yang paling umum orang lakukan untuk membuat konten di blog nya. Namun harus di ingat, didalam membuat sebuah artikel dibutuhkan ketrampilan menulis baik dari segi penggunanaan gaya bahasa atau cara penyampaian yang bisa mempengaruhi pembaca blog anda.

Menggunakan gambar pada artikel. Selain untuk mempercantik tampilan pada posting blog atau artikel anda, gamabar juga bisa digunakan sebagai ilustrasi dari artikel yang anda buat. Di internet cukup banyak situs penyedia gambar bebas hak cipta gratis yang bisa anda temukan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk anda dalam menulis sebuah artikel yang baik :

  1. Pelajari tips dan trik menulis headline yang baik. Ketika anda ingin membuat sebuah headline atau  judul dari posting artikel blog anda, anda bisa mempelajari dengan menggunakan research kata kunci yang baik untuk headline anda dengan menggunakan Google planner dari Google adwords. Disana anda akan mendapatkan referensi kata kunci yang sering dicari orang dalam mencari informasi yang terkait dengan kebutuhan mereka. Headline yang baik akan memancing rasa ingin tahu pembaca blog anda tentang artikel yang anda tulis berdasarkan artikel yang anda buat.
  2. Dapatkan ide dan tentukan topik tulisan yang akan anda buat. didalam mendapatkan ide untuk bahan tulisan anda, anda bisa dapatkan melalui pengalaman anda sendiri atau pun dari komentar-komentar pembaca anda mengenai suatu topik yang pernah anda buat sebelumnya, jika dari komentar-komentar tersebut muncul berbagai pertanyaan yang bisa memberikan inspirasi bagi anda untuk membuat sebuah artikel yang lebih spesifik yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan dari pembaca blog anda sebagai pembahasan dari anda yang lebih lengkap. 
  3. Gunakan gambar atau video yang relevan dengan artikel anda. Salah satu hal yang menjadi daya tarik saat orang membaca sebuah artikel adalah dengan menggunakan sebuah foto ilustrasi atau video yang relevan dengan artikel yang anda tulis, dan hal ini juga tidak akan membosankan pengunjung blog anda saat mereka membaca artikel anda. Banyak sekali situs-situs gambar gratis yang bisa kita temukan di internet atau anda bisa memasang embed link  dari sebuah video youtube di posting artikel anda.
  4. Perhatikan panjang karakter tulisan anda.  Bagian ini menurut saya adalah yang terpenting. Mengapa ? karena sedikit atau banyak nya jumlah karakter yang anda tulis pada artikel anda akan menentukan rank SERP ( Search Engine Rank Page ) anda. menurut situs serpiQ.com, jumlah karakter ideal bagi suatu artikel berkisar 2000 kata atau lebih. Namun anda juga jangan terlalu berlebihan, karena berharap agar nilai rank SERP nya bagus lalu anda membuat artikel yang sangat panjang dan terkadang bertele-tele. Hal ini akan membuat pembaca blog anda bosan, jika memang pembahasan yang ingin anda buat di posting artikel blog anda memang harus panjang, sebaiknya di buat menjadi artikel yang terpisah atau ber episode yang masih berhubungan dengan artikel yang anda buat sebelumnya. 

Demikian tulisan dari saya mengenai cara membuat blog yang bagus dari sisi konten yang bisa saya bagikan untuk anda, semoga pembahasan ini cukup berbermanfaat bagi anda dalam membuat konten yang bagus. jika anda punya pendapat lain, saya akan senang sekali menerima saran atau kritikan dari anda. Anda dapat memberikan pendapat anda di kolom yang telah saya sediakan di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat.


Salam saya,

Fauzul Faura

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement