Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

10 Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog Berbahasa Indonesia

Mungkin banyak orang yang bertanya seperti ini " Apa benar dari blog bisa menghasilkan uang ? Dan bagaimana caranya ? " kalau saya jawab " Ya bisa, dan itu bergantung usaha dan kerja keras anda ". Pertanyaan-pertanyaan seperti itu pasti sering ditanyakan oleh banyak blogger pemula pada umumnya, namun kebanyakan diantara mereka tidak mengetahui dari mana saja sumber dan caranya.


Sebenarnya ada begitu banyak cara untuk mendapatkan penghasilan di internet dan berbagai macam pula jenisnya, salah satunya yaitu melalui blog. Blog yang bukan saja sebagai web pribadi, tetapi kini juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan bagi pemiliknya. Terutama bagi pemilik blogger yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa tulisannya, Ingin tahu apa saja sumber-sumber penghasilan tersebut ? Berikut ini ulasan nya :

1. Menampilkan iklan Pay Per Click ( PPC ) lokal di blog.

Ada banyak situs PPC lokal yang bisa anda ikuti untuk anda tampilkan di blog anda. diantaranya: kumpulblogger.com, PPCindo, Sitti.co.id, bloggerpos.com, dan Adsentra.com
sebagaimana umumnya sistem kerja sebuah situs PPC yaitu sebagai mediator peghubung antara Advertiser ( pemasang iklan ) dan Publisher ( Penayang Iklan ) yaitu melalui situs atau blog yang dikelola oleh pemiliknya untuk ditampilkan di blog tersebut. Sistem pembayaran masing-masing PPC lokal tersebut tentu saja berbeda sesuai dengan aturan dan kebijakan yang mereka tetapkan. menurut saya sebaiknya anda  membaca dulu aturan main dari masing-masing situs PPC tersebut sebelum anda bergabung menjadi publisher mereka. Namun menurut saya ada alternatif lain yang banyak di ikuti para blogger bahkan mungkin menjadi sasaran utama mereka untuk mengikuti sebuah situs PPC yang sudah global yaitu Google Adsense. Google Adsense merupakan pionir ppc dunia yang banyak memberikan penghasilan kepada pada para blogger. Dan kini, Google Adsense sudah menyediakan ppc berbahasa Indonesia milik mereka bagi para blogger Indonesia. Tunggu apalagi, ini kesempatan buat anda. untuk mendaftar di google adsense, anda bisa daftar disini

2. Menampilkan banner program affliasi lokal

Di internet banyak sekali program affliasi lokal yang bisa anda ikuti, dengan pola yang sama dengan iklan PPC, kita bisa menampilkan banner dari suatu situs affliasi yang ikuti, seperti di blog ini saya memasang banner GoBlog Wordpress Premium Theme milik mas Handoko Tantra, seorang penyedia premium wordpress template dimana jika terjadi penjualan melalui link banner affliasi tersebut yang kita pasang di blog kita, maka kita akan mendapatkan komisi sebesar 50%. Beda antara iklan ppc dan banner affliasi adalah pada jumlah produk iklan yang ditawarkan. Jika iklan ppc menampilakan beberapa iklan yang berhubungan dengan tema blog kita maka iklan banner hanya menampilkan satu produk affliasi saja.

3. Menulis ulasan ( review ) suatu produk affliasi di blog dengan teks link affliasi anda.

Dengan menuliskan sebuah ulasan mengenai suatu produk affliasi, akan memberikan peluang bagi anda untuk mendapatkan penghasilan dari blog. banyak blogger  ( dalam negeri dan luar negeri ) yang memanfaatkan peluang affliasi ini dengan membuat sebuah review produk yang sesuai dengan niche dan kebutuhan pembaca mereka. Jika pembaca mereka tertarik dengan ulasan produk tersebut dan akhirnya membeli melalui link affliasi yang anda pasang pada review produk yang anda buat, maka anda akan mendapatkan komisi dari penyedia affliasi dari produk tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dan perlu saya ingatkan juga, sebaiknya sebelum anda membuat sebuah ulasan produk affliasi, anda telah menngunakan produk tersebut dan merasakan manfaatnya. Dan anda juga bisa memberikan pendapat mengenai plus dan minus dari produk yang anda review. Hal ini akan memberikan keyakinan pada pembaca anda bahwa produk yang anda tawarkan dalam bentuk ulasan memiliki manfaat yang nyata. Ada beberapa situs penyedia produk affliasi yang bisa anda ikuti, yaitu amazon.com, clickbank ( untuk produk digital ), dan Comission Junction. Sementara untuk situs penyedia affliasi lokal, anda bisa ikuti di ratakan.com yang merupakan market place produk digital Indonesia. 

4. Mengikuti Program Paid-To-Review

Hampir tidak jauh berbeda dengan menulis suatu produk aflliasi dengan menuliskan teks seperti yang saya sebutkan diatas, program paid to review ini juga merupakan suatu program mengulas suatu produk dimana anda akan diminta oleh penyedia situs paid to review tersebut dan menuliskan review produk yang mereka berikan, jika review anda tersebut diterima oleh penyedia paid to review tersebut anda akan dibayar dari hasil review anda sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemilik situs paid to review tersebut. Tentunya untuk dapat diterima menjadi seorang reviewer dari suatu produk, penyedia situs paid to review tersebut memiliki kriteria-kriteria yang telah ditetapkan untuk dapat diterima menjadi seorang reviewer. Salah satu pertimbangan mereka adalah tingkat traffic yang tinggi dari blog anda serta niche yang sesuai dengan produk yang mereka tawarkan. Anda tertarik ? anda bisa mengikuti sebuah program paid to review lokal yaitu paidreviewindonesia.com.

5. Memasang Google Adsense for search di blog.

Selain iklan PPC yang disediakan di Google adsense, kita bisa memanfaatkan pemasangan widget google search dari google adsense di blog kita. Dengan fungsi yang sama pada saat kita browsing di google search engine dengan menggunakan kata kunci yang kita inginkan, pemasangan widget google search di blog kita juga memiliki cara kerja yang sama sebagaimana yang saya sebutkan sebelumnya. Namun untuk mekanisme perolehan pendapatan dengan menggunakan widget ini akan saya ilustrasi kan sebagai berikut :

Pengunjung blog mengunjungi blog anda dan membaca artikel-artikel yang terdapat di blog anda sesuai dengan kebutuhan dari pembaca blog tersebut. Namun pengunjung blog anda tersebut mungkin belum mendapatkan informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhannya, dan anda menyediakan widget google search di blog anda yang dapat membantu pengunjung blog anda tersebut mencari artikel atau informasi yang ia butuhkan. jika ia melakukan pencarian melalui widget tersebut dan melakukan klik pada sebuah situs dari hasil penelusuran google sesuai kata kunci yang ia masukan, maka anda akan mendapatkan komisi dari google adsense. 

Bagaimana anda mengerti dengan sedikit ilustrasi yang saya sampaikan diatas ? Untuk info lengkap anda bisa mengunjungi Google Adsense.

6. Menjual Spot atau Ruang Iklan Mandiri di Blog Anda.

Ini merupakan salah satu monetisasi blog yang bisa anda lakukan yaitu dengan menyediakan ads space khusus di blog anda yang dapat anda tawarkan kepada pengiklan yang ingin memasang iklan produk mereka di blog anda. tentunya ada biaya yang anda akan tetapkan untuk pemasangan iklan produk tersebut di blog anda. Saya menyarankan pada anda agar menerima pemasang iklan produk yang sesuai dengan niche blog anda. Untuk dapat menawarkan pemasangan iklan di blog anda, sebaiknya anda mempertimbangkan tingkat traffic dari blog anda sendiri, apakah layak untuk anda tawarkan atau belum. Mengapa hal ini saya katakan ? karena pada prinsipnya orang tidak akan mau memasang iklan produknya di jasa penyedia iklan jika jasa penyedia iklan tersebut belum populer. Prinsip ini juga yang berlaku pada blog kita.

7. Menjual Jasa Keahlian anda

Bagi anda yang memiliki sebuah keahlian tertentu seperti web programming, web developer / web design, logo design atau jenis keahlian lainnya seperti memasak, melukis, atau penterjemah, anda bisa mempromosikan keahlian anda tersebut melalui blog anda. Tulisan-tulisan mengenai keahlian anda, akan menjadi sebuah portofolio diri anda melalui sebuah blog yang anda buat. Jika ada pembaca yang tertarik dengan keahlian anda, tentunya mereka akan menghubungi anda atau membeli produk anda.

8. Menjual produk digital karya anda sendiri

Jika anda memiliki sebuah keahlian atau menguasai suatu keahlian tertentu, anda dapat menyalurkan keahlian anda tersebut kepada orang lain melalui produk-produk digital berupa ebook atau video tutorial yang anda buat sendiri. Tentunya, membuat sebuah ebook saat ini tidaklah sulit karena banyak sekali software-software pendukung dalam membuat sebuah ebook. ebook yang merupakan sebuah buku digital yang bisa anda baca dengan menggunakan media seperti smartphone, tab, ipad, ataupun komputer. Selain ebook anda juga dapat membuat sebuah video tutorial mengenai keahlian anda dan anda tawarkan video tutorial tersebut kepada pengunjung blog atau situs anda. anda tidak perlu membuatnya dalam bentuk CD atau DVD, anda bisa menggunakan server khusus sebagai media hosting anda untuk menyimpan file video anda. Jika ada pengunjung yang berminat dengan produk anda, maka mereka bisa mengunduh nya langsung melalui link khusus dari server anda dan tentunya setelah mereka melakukan pembayaran pada anda.

9. Menawarkan Produk Fisik karya anda sendiri.

Hal ini juga tidak berbeda dengan sistem penjualan produk digital anda, yang berbeda hanya produk yang anda jual adalah produk fisik berupa buku, cd atau DVD, atau perlatan-peralatan tertentu yang anda ciptakan sendiri. Ini bisa menjadi peluang bagi anda untuk menjual produk milik anda tersebut kepada pelanggan anda dengan melakukan promosi melalui blog anda.

10. Menjadi broker atau perantara produk atau jasa orang lain.

Cara ini bisa anda lakukan jika anda berada dekat dengan suatu home industri yang dekat dengan tempat tinggal anda, misal kerajian anyaman. Anda bisa mempromosikan produk tersebut melalui blog anda ( tentunya dengan ada kesepakatan dengan pemilik home industri tersebut ), jika terjadi penjualan produk anyaman yang anda promosikan melalui blog anda tersebut, maka anda akan mendapatkan fee dari pemilik home industri tersebut. Sekedar catatan untuk anda yang memonetisasi blog dengan cara ini, sebaiknya produk atau jasa yang anda tawarkan sesuai dengan niche blog anda, agar tidak terjadi persepsi yang berbeda dengan pembaca blog anda atau pelanggan yang berminat memesan setelah membaca review produk di blog anda.

Begitu banyak bukan cara anda untuk memonetisasi blog anda ? kini tinggal bagaimana anda memilih salah satunya dan konsisten untuk melakukannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil !






Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement