Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Cara Membangun Backlinks Yang Efektif Dan Berkualitas.

SEO ( Search Engine Optimization ) merupakan hal yang penting untuk anda lakukan setelah membuat blog demi kemajuan traffic blog anda, dan hal itu juga yang saya lakukan. Selain pengoptimalan pada mesin pencari, ada hal lain yang saya dan kebanyakan blogger lakukan untuk blog mereka yaitu kegiatan backlinks yang bertujuan agar blog kita menjadi populer di mesin pencari Google dengan menempatkan posisi blog kita di halaman pertama dari hasil pencarian di Google dengan berdasar pada kata kunci tertentu. Untuk membangun sebuah backlink yang baik dan berkualitas, saya lebih suka menggunakan beberapa cara yang natural ( meski mungkin banyak blogger yang memmberikan beberapa tips atau cara lainnya dalam membangun backlink ) yaitu dengan 4 cara membangun backlinks yang efektif dan berkualitas yang biasa saya lakukan, berikut penjelasannya :


1. Membuat blog dummy. Apa itu blog dummy ? blog dummy adalah blog yang kita ciptakan khusus untuk tujuan backlink. Artinya kita menempatkan link blog kita pada blog lain yang kita miliki dengan tujuan akan menghasilkan traffic dan backlink yang baik di blog kita. Namun ada ada hal mendasar yang perlu anda ingat dalam membuat blog dummy, sejatinya blog ini harus anda kelola dengan baik layaknya anda mengelola blog utama anda. Saya yakin hal ini cukup melelahkan karena untuk mengelola satu blog yang memiliki niche saja memerlukan konsentrasi dan waktu yang tidak sedikit. Bagaimana pun, yang perlu anda pertimbangkan adalah tujuan jangka panjangnya. Jika blog dummy anda bisa sukses seperti blog utama anda, maka hal ini bisa berpengaruh pada aspek sosial dan pendapatan yang anda peroleh. Mengapa ? Dari sisi sosial anda bisa berbagi ilmu kepada pembaca anda dan masyarakat.dan dari sisi financialnya adalah jika blog dummy yang anda kelola dengan baik anda lakukan monetisasi juga, maka hal ini akan meningkatkan pendapatan anda selain pendapatan dari blog utama yang menjadi tujuan utama blogging for money untuk anda.

2. Berkomentar di blog orang lain.  Blog walking yang dikenal sebagai istilah membaca blog orang lain dan berkomentar terhadap artikel yang sedang anda baca, merupakan cara kedua dalam membangun backlink yang juga biasa saya lakukan. Ada beberapa hal yang perlu saya ingatkan ketika anda melakukan kegiatan blog walking ini :

  •  Bacalah artikel di blog lain dengan tujuan untuk menambah informasi bagi anda dan bukan semata-mata untuk tujuan backlink. Karena pada saat anda membaca sebuah artikel di blog orang lain, mungkin ada beberapa hal yang menurut anda tidak cocok dan anda bisa berikan masukan kepada penulis blog tersebut mengenai topik atau materi artikel yang disampaikan. Hal ini akan membangun komunikasi yang baik dengan pemilik blog tersebut jika saran anda dapat diterima oleh pemilik blog tersebut. Karena menurut saya pada prinsipnya blog ditujukan untuk wadah berekspresi melalui tulisan yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Jika ada kekurangan pada blog tersebut atau berupa saran, hal ini akan bermanfaat juga buat pembaca lainnya. Dan yang perlu kita ingat, menurut saya komentar-komentar diblog adalah cerminan baik atau buruknya sebuah artikel yang anda tulis di blog anda.

  • Jangan melakukan SPAM. Setiap orang pasti tidak menyukai perbuatan SPAM di blog atau website mereka, karena hal ini bisa menggangu kenyamanan pembaca lain atau bisa memberikan informasi yang menyesatkan yaitu berupa iklan-iklan yang tidak berkenaan dengan topik pembahasan. Begitu juga saat kita akan berkomentar di blog orang lain, berikan lah komentar yang positif dan membangun dan bukan komentar yang singkat seperti " Info bermanfaat gan, thanks", atau " Baru tahu nih, thanks ya. Kunjungi juga link saya di www.domainblog.com". Hal ini tidak salah menurut saya, tapi kurang layak untuk dilakukan. Jika anda berkomentar yang positif di artikel yang anda baca di blog tersebut dan meninggalkan alamat blog anda, saya kira pemilik blog tidak segan-segan untuk mengunjungi blog anda juga atau bahkan pembaca lainnya.
3. Pasang link melalui situs social bookmark dan  forum signature

 Anda bisa melakukan pemasangan link di beberapa media social bookmark Indonesia untuk blog anda yang berbahasa Indonesia seperti lintas.me dan infogue.com dan masih banyak yang lainnya. Dengan pemasangan link posting dari blog anda ke social bookmark tersebut, hal ini akan membantu peningkatan traffic bagi blog anda.

Selain di situs-situs social bookmark tersebut, anda bisa 'menempelkan' link blog anda di beberapa situs forum signature seperti di kaskus.co.id atau ads.adsense.id. situs-situs forum tersebut anda bisa anda manfaatkan selain sebagai ajang bertukar pikiran melalui forum online, anda bisa sekaligus promo link blog anda.

4. Membuat link atau akun khusus di sosial media.

Ini merupakan cara terakhir yang saya juga sering lakukan untuk beberapa blog yang saya miliki yaitu membuat link khusus atau akun khusus bagi blog saya. Hal ini akan memudahkan bagi saya dalam menyiarkan artikel blog saya di beberapa sosial media seperti Facebook ( Akun Facebook atau Fanpage ) dan Twitter. Kedua sosial media ini masih sering digunakan oleh banyak blogger dalam membangun backlink blog mereka melalui sosial media.

Dari ke - empat cara tersebut diatas, cara yang pertama adalah cara yang paling saya rekomendasikan. Mengapa? karena dengan melakukan blog dummy kita bisa melakukan backlink secara lebih natural dan sekaligus kita bisa mengurus blog-blog dummy kita dengan baik. Bagaimana dengan anda ? Jika ada alternatif lainnya mengenai membangun backlink, silakan beri komentar anda. 


foto : backgroundimages.eu

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Phantasy Star Online 2 New Genesis: Character Creator - CHOE
    Character Creator is 파라오카지노 where you can design character creation in New Genesis, the largest sandbox simulation game yet. From a perspective that 바카라사이트 is

    BalasHapus

Terima kasih telah berkomentar di blog ini. Semoga kritik atau saran yang anda berikan, dapat memberikan kontribusi yang baik demi kemajuan blog ini.

Ad Code

Responsive Advertisement