Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

12 Tips SEO untuk para Blogger

Tidak banyak Blogger yang memikirkan mengenai SEO untuk pertama kalinya saat mereka memulai membuat blog. dimana semuanya ini berhubungan dengan content atau isi yang dibuat dari blog tersebut. Blog merupakan ruang sebagai tempat untuk menuangkan pikiran, perasaan, pengetahuan dan jaringan. Jika anda ingin mendatangkan pengunjung ke blog anda dan anda mungkin akan memikirkan bagaimana mereka menemukan blog anda. Berikut ini 12 Tips SEO Untuk Para Blogger yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda dalam menjalankan aktivitas blogging.

1.  Pikirkan apa yang akan diketikan oleh pengunjung melalui Google  
     Di dalam situasi yang bagaimana seseorang akan mencari blog anda melalui mesin pencari ? Saat anda mengetahui hal ini, anda akan membuat daftar kata kunci maupun frasa yang dapat diarahkan ke blog anda untuk menaikan peringkat blog anda. Anda bisa menggunakan fasilitas Google Planner  yang memberikan banyak saran dalam pemilihan kata kunci untuk anda.

2. Tetap fokus pada content  yang anda buat.
Jangan biarkan kualitas dari konten yang anda buat terabaikan hanya karena konsentrasi anda pada promosi blog atau situs anda. Artikel-artikel yang bagus akan membuat pengunjung anda betah untuk berlama-lama di blog anda. Hal ini juga bisa membantu anda dalam berbagi konten yang anda buat melalui blog mereka ( dengan menyertakan link anda tentunya ) ataupun melalui jejaring sosial. Back link yang alami merupakan penting.

3. Berikan Komentar anda pada blog lain
Meskipun nilai nya cukup kecil sebagai Keuntungan SEO yang anda buat melalui komentar anda pada blog yang lain. Hal ini perlu anda pertimbangkan, karena Google tidak akan mengabaikan komentar-komentar berisi link pada blog yang kebanyakan bersifat Nofollow. Hal ini bisa " mengundang" blogger lainnya untuk mengklik link anda dan melihat artikel anda dan mau membagikannya.

4. Pasanglah sebuah Sitemap
Sitemap berfungsi untuk memudahkan mesin pencari menelusuri halaman blog anda agar mudah terindeks. Dan juga mempermudah pencarian yang berhubungan dengan kata kunci pada halaman blog anda.

5. Pasanglah domain anda sendiri
Memiliki domain sendiri membuat blog anda lebih diakui daripada anda menggunakan blog berplatform Wordpress ataupun Blogspot. Karena pada kedua platform ini kebanyakan banyak situs-situs spam yang menggunakannya. meski hal ini bukanlah jaminan. Namun, coba anda perhatikan dengan cara mencari situs-situs dengan niche tertentu dan disukai oleh Google selalu menggunakan domainnya sendiri.

6. Jaga agar browsing blog anda tidak lemot
Google lebih menyukai blog atau situs yang loading nya baik dan cepat. Karena hal ini akan berpengaruh pada page rank anda. Jika anda menggunakan gambar pada artikel anda, usahakan meggunakan gambar yang byte nya tidak terlalu besar. Jangan terlalu banyak menggunakan Javascript karena ini bisa mempengaruhi loading blog anda, serta buatlah beberapa postingan pada setiap halaman awal blog atau beranda.

7. Buatlah judul posting yang baik
Menggunakan kata-kata yang menarik, lucu, dan unik memang bisa menarik perhatian orang lain. Tapi, Om Google lebih memilih untuk judul-judul yang sederhana. Sebuah judul adalah hal penting bagi search engine, karenanya ada baiknya anda menyertakan katackunci maupun frasa yang berhubungan dengan judul anda.

8. Gunakan tag pada gambar di postingan anda.
Google tidak bisa melacak gambar anda, sebaiknya anda memberikan tag pada gambar artikel anda.Sehingga Google bisa melacak situs anda dan juga memperhatikan gambar anda. Hal ini juga bisa memudahkan pengunjung untuk memahami gambar yang ada di artikel anda.

9. Buatlah Link yang berhubungan dengan artikel anda
Sebuah artikel yang baik, akan berisi link -link yang berhubungan dengan artikel tersebut, hal ini bukan hanya bermanfaat bagi pembaca anda namun juga bagus untuk SEO.Sebaiknya anda juga menempatkan link -link tersebut pada halaman blog anda maupun diside bar blog.

10. Membuat link dengan blogger lain
Jika anda membuat link dengan blog lain yang memiliki pengikut yang banyak, hal ini memungkinkan bagi pembaca  yang membaca blog tersebut untuk juga mau mengunjungi blog anda. Seringlah untuk bekerja sama dengan blog lain untuk saling berbagi link, namun jangan terlalu sering untuk dilakukan karena Google Penguin, karena Google Penguin memperbaharui penelusurannya dengan melihat blog mana yang paling sering berkunjung pada blog anda

11. Tawarkan sebagai penulis tamu
Jika anda memiliki pengetahuan pada bidang tertentu, anda bisa menawarkan menjadi penulis tamu disitus lain. Hal ini merupakan cara terbaik bagi anda dalam membangun citra anda sebagai seorang ahli dibidang anda. Kebanyakan blog akan membiarkan anda meninggalkan link situs yang juga menuju ke artikel anda. Pastikan artikel anda relevan, informatif dan cara penulisannya yang bagus sebab anda menginginkan pembaca beralih ke blog anda.

12. Jangan mencoba terlalu berlebihan
. Kembali lagi pada point yang pertama. Jangan coba untuk menjadi populer, Tetaplah menjaga penulisan yang bagus bagi blog anda yang indah dan pembaca pun akan datang. Berikan pada pembaca manfaat yang banyak dalam menemukan anda tetapi dengan fokus untuk menjaga blog anda tetap hidup. Tidak ada gunanya mendatangkan pengunjung ke blog anda jika anda tidak dapat membuat mereka betah berlama-lama di blog anda..




Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement