Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Karakteristik Nama Domain Yang Baik

Nama domain merupakan alamat situs di dalam internet. Sebuah domain layaknya sebuah bangunan yang vital bagi sebuah usaha, sebuah domain yang baik akan menjadi batu karang yang kokoh bagi keberhasilan situs anda. Tetapi bagaimana sebenarnya mengidentifikasi domain yang bagus tersebut ? Berikut anda akan melihat 7 Karakteristik Nama Domain Yang Baik dalam memilih nama domain bagi situs atau blog anda.


1. Nama Domain Singkat

Sebuah nama domain yang baik itu adalah singkat atau pendek. Bukan lah hal yang kebetulan jika sebuah domain memiliki tiga atau empat huruf dengan akhiran com pada domainnya. Hal ini bisa dilakukan , namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah karakter yang kita gunakan untuk membuat nama domain tersebut. Sebuah nama domain yang baik adalah menggunakan jumlah karakter yang baik yaitu di bawah 10 karakter, dan jangan pernah melebihi dari 20 karakter. Singkatnya, semakin singkat jumlah karakter yang anda gunakan maka akan semakin baik nama domain anda. Mengapa ?, karena nama domain yang singkat akan mudah di ingat orang dengan baik. Dalam memilih domain anda bisa mempertimbangkan yaitu domain dengan satu kata adalah domain terbaik, dua kata adalah domain yang bagus, dan domain dengan tiga kata adalah domain dengan peringkat rata-rata, dan domain dengan menggunakan lebih dari itu bisa berakibat buruk bagi status situs atau blog anda.


2. Mudah di ingat
Seperti yang saya kemukakan di atas, nama domain yang singkat bertujuan agar mudah di ingat oleh orang lain. Tetapi yang perlu anda ingat adalah jangan membuat nama domain yang singkat namun tidak mewakili tema atau isi dari situs atau blog anda. Contoh gramrr.com adalah bentuk nama domain yang singkat namun tidak jelas atau tidak menjelaskan mengenai topik dari situs atau blog anda. Akan berbeda jika nama domain belirumah.com adalah domain yang singkat dan mewakili isi topik situs anda jika situs tersebut anda buat dengan membahas seputar jual beli rumah. Dan yang perlu kita ingat juga adalah, banyak dari pengguna internet yang tidak mem bookmark situs yang pernah mereka kunjungi. Jika nama domain anda susah untuk di ingat orang, maka kesempatan lainnya yang bisa anda dapatkan agar pengguna internet yang pernah berkunjung ke blog atau situs anda untuk datang kembali ke blog anda atau situs anda akan hilang dan ini akan mempengaruhi peringkat situs atau blog anda di mata search engine.

3. Mudah untuk di eja
Jangan pernah membuat nama domain yang sulit diingat, apalagi dengan penggunaan huruf-huruf acak atau dengan ejaan yang sulit.seperti rum4hb4gus.com, meskipun sebagian orang akan paham ketika membaca domain itu, tetapi mereka akan sulit untuk mengingat nya. Jangan pernah lakukan seperti ini, kecuali anda adalah orang yang terkenal.

4. Memiliki ekstensi domain.com

Sebagian besar instansi atau lembaga akan menggunakan domain dengan akhiran .org, .co.id. Begitu juga jika pemilik situs atau blog nya adalah personal, maka kemungkinan akan menggunakan akhiran domain .net, atau .web. Namun diantara nama-nama domain tersebut yang paling populer adalah dengan menggunakan akhiran domain .com. Selain penggunaan nama domain yang baik dan singkat, menggunakan ekstensi akhiran domain.com adalah yang paling populer dan sangat di ingat orang.
5. Memberikan deskripsi
Sebuah nama domain yang baik sebaiknya memberikan deskripis mengenai tentang apa situs atau blog anda sehingga pengunjung anda yang melakukan pencarian sesuai kata kunci di mesin pencari Google, mereka akan melihat dari deskripsi situs dan nama domain anda. Nama domain jualbaju.com tentu sudah mempresentasikan tentang mengenai isi situs tersebut yaitu mengenai berbagai macam jenis baju yang di jual di bandingkan situs mengenai toko online yang menjual baju namun di buat domain dengan nama yang tidak sesuai atau tidak mendeskripsikan mengenai situs toko online tersebut seperti ruangbaju.com atau alyacollection.com. 
6. Domain yang bisa menjadi branded bagi situs anda.
Domain yang brandable adalah domain yang meskipun terkadang tidak mendeskripsikan mengenai situs anda secara langsung namun mempunyai nilai branding  yang begitu kuat bagi pengunjung. Contoh : Kapanlagi.com, adalah situs hiburan mengenai informasi selebriti Indonesia, meskipun dari nama situs seperti tidak mewakili mengenai infotainment tetapi menjadi ikon domain yang kuat bagi masyarakat sebagai salah satu situs berita selebriti yang favorit. Ini dikarenakan promosi offline dan online yang dilakukan oleh pihak Kapanlagi.com yang begitu gencar di awal pendiriannya.

7. Tidak mengandung simbol garis penghubung ataupun angka

Domain yang mengandung simbol ataupun angka-angkka pada nama domain, akan terlihat lebih 'murah' untuk sebuah alasan. Domain seperti ini sama arti nya dengan domain yang tidak berakhiran dengan ekstensi.com pada nama domainnya, atau pengejaan nama domain nya yang begitu rumit.

Bandingkan sebuah nama domain seperti Tech-world.com dengan techworld.com, tentu akan berbeda dari segi mengingat nama domain tersebut. Karena kebanyakan orang seri kali lupa tanda baca atau angka yang digunakan pada suatu situs ketika mereka ingin mengetikan nama situs tersebut link bar browser walau mereka ingat nama situsnya, namun mereka sering lupa adanya garis penghubung atau angka yang digunakan pada domain situs tersebut. Walau terkadang ada beberapa situs yang melakukan hal ini, tapi butuh perjuangan yang ekstra agar domain tersebut jadi brandable. 

KESIMPULAN

Anda tidak perlu khawatir jika domain yang anda gunakan tidak memiliki karakteristik seperti yang saya sebutkan tadi di atas. Ini sebagai bahan pertimbangan bagi anda yang ingin membuat sebuah nama domain bagi situs anda. Jika domain anda sudah memiliki satu atau dua karakteristik diatas, itu lebih baik, dan sebelum anda membuat nama domain anda pastikan anda memiliki beberapa karakteristik di atas. Bagaimana pendapat anda ?.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement