Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Realita Dan Paradigma Dari Bisnis Online

Apakah bisnis online itu ? Seberapa sering anda  mendengar istilah “ Online Marketing ? “ Apakah anda sedang menjalankan bisnis anda secara online ? Mudahkah menjalankan bisnis online itu?.

Beberapa pertanyaan diatas mungkin pernah atau sering anda temukan atau dengar, baik secara offline didunia nyata maupun saat anda berselancar di internet. Namun, bagi anda yang pernah dan masih menjalankan bisnis online anda tentu tidak asing dengan pertanyaan-pertanyaan tadi karena mungkin anda telah berkecimpung dalam bisnis d dunia maya tersebut meski terkadang anda menemukan masalah dan rintangan dalam menjalankan bisnis online anda .

      Bagi sebagian orang yang awam atau yang sama sekali asing dengan istilah bisnis online ini, pasti akan merasa bingung apa dan bagaimana sebenarnya bisnis online itu. Bisnis online adalah merupakan kegiatan bisnis yang sama yang kita kenal sehari-hari. Bedanya didalam bisnis online ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan menggunakan media internet. Internet hanya sebagai media penyampaian para pelaku bisnis kepada konsumen. Biasanya media tersebut berupa email, sosial media facebook,twitter dan sebagainya, terutama website atau blog. Bisnis Online ) dewasa ini memiliki peluang pasar (Market) yang luas. Para Pelaku bisnis banyak yang terjun ke dunia maya untuk mencari investor. Bisnis Online maupun bisnis konvensional memliki hal yang sama. Keduanya Sama-sama membutuhkan kerja keras, Membutuhkan perjuangan dan memiliki rintangan yang sama pula. Hanya saja ada keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh bisnis konvensional.

Benar, ada banyak orang yang berhasil membuktikan bahwa mereka bisa mendapatkan penghasilan dalam jumlah besar dari bisnis online. Namun sebelum mencapai keberhasilan itu mereka telah melalui banyak kagagalan, frustrasi, bahkan sudah mengeluarkan banyak biaya. Untuk bisa berhasil seperti mereka tidak sedikit pengorbanan yang harus dikeluarkan sampai akhirnya karena kegigihan mereka, akhirnya mereka pun bisa menemukan cara yang bisa membuat mereka berhasil dalam bisnis online. Jadi kuncinya adalah : lakukanlah dengan cara yang benar.

Terlalu banyak sumber pemasukan yang dapat anda peroleh dari internet, namun penulis hanya menyebutkan beberapa diantaranya :

  • ·         Menjual produk atau layanan anda sendiri. Sebuah produk atau jasa dapat anda ciptakan seperti pembuatan ebook yang sedang anda baca ini contohnya. Anda bisa membuat sebuah ebook atau buku elektronik mengenai sebuah keahlian yang anda miliki dan anda melihat ada celah pasar untuk itu ( niche ). Anda juga bisa menjual software-software hasil karya anda dan menawarkan pada yang membutuhkannya, atau anda bisa membuka sebuah jasa kursus online apabila anda memiliki sebuah keterampilan serta keahlian dibidang tertentu dan membuka kelas bagi orang-orang yang mempunyai hobi dan minat yang sama dengan ketrampilan anda namun mereka tidak tahu bagaimana untuk memulainya, peluang ini bisa anda manfaatkan dengan membuat kelas kursus secara online dimana pesertanya tidak perlu keluar rumah untuk mengikuti kursus anda, cukup hanya dengan melalui komputer dan koneksi internet. Namun, untuk kursus online  ini membutuhkan situs dan software-software pendukung khusus serta sebuah server yang sangat bagus dalam mejalankannya, anda bisa meminta bantuan programmer dan web developer untuk membantu anda mewjudkan rencana anda ini. Dan pastinya, biaya yang cukup besar untuk ini namun akan berbanding lurus jika kursus online itu memiliki peserta yang cukup banyak sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan setelah dipotong biaya operasional anda tentunya.
  • ·         Menjual Produk atau Jasa Orang Lain. Jika anda tidak  memiliki produk anda sendiri, anda bisa membantu menjualkan produk atau jasa dari orang lain dengan cara mengiklankan produk atau jasa tersebut melalui sebuah review atau ulasan mengenai produk tersebut
  • ·         Menjadi Agen Perantara ( Affliate Marketer ) dari sebuah produk yang ditawarkan kepada anda untuk dipromosikan kepada orang lain.

  •         Membangun sebuah Situs Portal atau blog yang berisi informasi-informasi yang bermanfaat, dan anda bisa memasang iklan di situs atau blog tersebut baik iklan dari PPC ataupun menawarkan jasa pemasangan iklan disitus atau blog anda.
  • ·         Membuat Toko Online anda sendiri. Jika anda mempunyai bisnis konvensional dan ingin memasarkan produk-produk yang anda miliki melalui online, anda bisa membuat situs Toko Online anda sendiri atau anda bisa memasarkannya melalui jasa toko online seperti TokoBagus.com atau Berniaga.com
Begitu banyak peluang untuk berbisnis online, bukan ? tinggal bagi anda bagaimana memilih salah satu jenis dari beberapa jenis bisnis online tersebut untuk anda tekuni dan melakukannya secara serius. Namun, yang perlu anda pahami dan terapkan didalam mind set anda adalah bahwa bisnis online itu tidak mudah tetapi jika anda menekuninya dengan  cara yang benar dan sistematis serta fokus diimbangi dengan kerja keras anda, internet memberikan keuntungan yang tak berbatas bagi anda dalam berbisns online.

Diperlukan berbagai strategi dalam menjalankan bisnis online ini. Layaknya bisnis didunia nyata, bisnis online memerlukan internet marketing dalam pemasarannya. Strategi-strategi internet marketing bukan hanya berlaku di internet, karena semua ini sebenarnya mengenai Pemasaran atau Marketing saat anda berbisnis didunia nyata. Jadi sebelum anda berpikir untuk berada duduk lama di depan komputer dan menuliskan baris-baris kode pemograman, anda harus sadari bahwa internet marketing adalah untuk setiap orang dan hal-hal yang tidak anda pahami dapat anda outsource kan. Outsourcing adalah proses melakukan pekerjaan oleh orang lain yang berhubungan dengan pekerjaan anda yang tidak anda kuasai.

Proses belajar tidak boleh ditinggalkan, bahkan seharusnya lebih digiatkan. Anda masih harus tetap belajar, dan masih harus tetap melewati beberapa kesulitan agar dapat lebih menghargai keberhasilan anda. Anda sedang membaca artikel ini, tetapi banyak orang yang belum membacanya akan memberi tahu anda kalau internet marketing tidak akan bertahan lama. Lebih baik anda mendengarkan orang-orang yang telah berkorban untuk mencapai keberhasilan mereka hari ini. Seorang pelatih dapat membimbing anda melalui masa-masa sulit, dan juga menolong anda agar tidak terbenam. Terkadang dorongan yang diberikan  pelatih anda akan terasa sulit, tetapi itu semua dilakukannya untuk membuat hidup lebih produktif . Belajarlah dari kesalahan-kesalahan masa lalu mereka karena pelatih anda telah melalui masa-masa sulit tersebut, gunakanlah pengalaman-pengalamannya untuk mempermudah perjalanan anda sendiri.

Salah satu masalah yang sering muncul di dalam Internet Marketing adalah “hype/muluk-muluk” dan juga masalah-masalah lain yang sering ditemui didalam internet marketing. Akan tetapi, jangan sampai masalah-masalah tersebut menghambat anda untuk menyadari bahwa sangatlah mungkin untuk mendapatkan pemasukan yang pantas dari internet.


Jadi, berhentilah berangan-angan dan menganggap  bahwa mencari uang di internet itu mudah. Anda hanya perlu duduk depan komputer dan menunggu uang masuk kedalam  rekening anda tanpa ada usaha dan kerja keras anda. Jika itu yang terlintas di pikiran anda, maka halini tidak cocok bagi anda. Segera panaskan “mesin” internet anda dan bekerjalah untuk kemajuan bisnis online anda.
  

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement