Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian Internet Marketing Dan Jenis - Jenis Nya

Anda dapat mendengarkan audio dari tulisan ini jika saat ini malas membacanya. Audio ada di bagian akhir tulisan.

Apa itu Internet Marketing ? Internet marketing atau disebut juga online marketing adalah kegiatan usaha pemasaran dan pemasangan iklan yang menggunakan web ( koneksi jaringan ) dan email ( surat elektronik ) untuk mengarahkan penjualan langsung melalui perdagangan elektronik ( eCommerce ) yaitu dengan menggunakan website ( situs ) atau email. Pemasaran melalui internet dan usaha iklan online pada dasarnya hampir sama dengan kegiatan pemasaran lainnya  seperti radio, televisi, surat kabar dan majalah-majalah.

Bagian-bagian dari pemasaran melalui internet

Pemasaran melalui internet juga bisa dikelompokan kedalam bagian-bagian tertentu seperti Pemasaran melalui situs, email marketing, dan Social Media marketing ( Pemasaran melalui social media ) :


1.    Web marketing ( pemasaran melalui situs ) termasuk di dalamnya situs eCommerce , situs pemasaran affliasi,  situs informasi dan promosi, pemasangan iklan online melalui search engine, dan hasil hasil penelusuran mesin pencari melalui SEO.

2.     Email Marketing. Kegiatan email marketing meliputi kegiatan usaha  promosi dan periklanan melalui pesan surat elektronik kepada pelanggan tertentu dan potensial.

3.     Pemasaran melalui situs-situs media social. Yaitu kegiatan pemasaran online yang dilakukan melalui jejaring social seperti facebook, twitter, instagram, line, dan sebagainya. Pemasaran ini lebih di fokuskan kepada pemasaran kepada teman-teman yang tergabung di beberapa situs pertemanan yang saya sebutkan sebelumnya.

Selain tiga kategori diatas, ada beberapa kategori pemasaran yang termasuk kedalam pemasaran melalui internet, diantaranya :

Affliate Marketing adalah kegiatan pemasaran affliasi atau perantara antara pemilik produk affliasi dengan affiliates atau pemasar produk affliasi tersebut.


Viral Marketing yaitu pemasaran melalui dari orang ke orang atas suatu ketertarikan mereka terhadap suatu produk atau jasa. Sebagai contoh, jika saya mendapatkan sebuah video lucu di youtube dan saya senang dengan video tersebut karena kelucuannya lalu saya share video tersebut kepada teman-teman saya di beberapa situs jejaring social, lalu mereka pun menganggap video itu juga lucu dan kemudian membagi link video tersebut kepada teman mereka masing-masing  di akun situs social media milik mereka sehingga video itu pun menjadi terkenal. Nah, proses saling berbagi video atas keinginan sendiri tersebut bisa dikatakan sebagai proses pemasaran secara viral untuk video lucu tersebut. Dan cara ini bisa anda lakukan untuk memasarkan produk atau jasa milik anda.  Dan salah satu keberhasilan situs Youtube hingga masih bertahan di dunia maya hingga saat ini dikarenakan mereka menggunakan metode viral marketing ini.

Pay Per Click Marketing. Pay Per Click Marketing atau disebut juga cost per click, adalah sebuah model periklanan internet yang digunakan untuk mengarahkan traffic ke sebuah situs. Salah satu jenis metode PPC marketing ini adalah Google Adsense yang sudah begitu terkenal sebagai media beriklan online bagi Advertiser nya dan juga memberikan keuntungan bagi Publisher ( penayang iklan ppc ) di sebuah situs atau blog. Google Adsense yang menjadi pionir ppc di dunia telah banyak memberikan penghasilan pada publisher nya.

Search Engine Marketing adalah  bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitas mereka di halaman hasil mesin pencari (SERPs) melalui optimasi dan iklan. SEM ( Search Engine Marketing ) dapat menggunakan search engine optimization (SEO), yang menyesuaikan atau menulis ulang konten website untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, atau menggunakan pay per click (PPC).

Burn Marketing adalah sebuah bentuk brand awarness yang biasa nya dilakukan oleh sebuah firma atau perusahaan yang berorientasi mempromosikan suatu brand dari pemilik brand tersebut. perusahaan yang bergerak di bidang brand awarness tersebut menjadi mediator bagi brand produk dari sebuah perusahaan. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang burn marketing ini adalah burnmarketing.com yang telah bekerjasama dalam mempromosikan brand-brand produk dunia.

Video Marketing tipe baru internet marketing dan periklanan di mana seorang pebisnis membuat 2-5 menit video pendek tentang topik tertentu menggunakan konten dari artikel dan sumber teks lainnya. Video tersebut kemudian diunggah ke berbagai situs berbagi video seperti YouTube untuk tontonan maupun promosi. Banyak pebisnis online yang menggunakan metode ini untuk memasarkan produk mereka, dan cara ini juga efektif sebagai sumber traffic bagi sebuah situs atau blog.

Article Marketing merupakan kegiatan pemasaran sebuah produk dengan menggunakan tulisan atau artikel mengenai ulasan produk tersebut dengan tujuan agar terjadi transaksi pembelian saat calon konsumen membaca mengenai artikel produk tersebut dan tertarik untuk membelinya. Di dalam menuliskan sebuah artikel marketing, harus memperhatikan penggunaan bahasa yang menarik dan bersifat persuasif sehingga memberikan daya tarik bagi calon pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan melalui article marketing. Namun selain itu juga harus memperhatikan mengenai keterangan produk secara benar dan wajar tanpa menimbulkan kesan berlebihan yang tidak sesuai dengan manfaat produk yang dirasakan oleh konsumen.

Apakah anda sudah memahami pengertian internet marketing dan jenis-jenisnya ? semoga tulisan saya kali ini dapat membantu anda dalam memahami internet marketing.

Salam.



Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement