Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Fungsi Sebuah Blog

Apakah anda punya blog ? Jika anda sudah memiliki sebuah blog, anda pasti sudah tahu apa fungsi dan tujuannya. Jika anda belum memiliki blog, mungkin beberapa definisi ini bisa menjelaskan pengertian blog tersebut.

Ada beberapa definisi yang menjelaskan definisi blog, salah satunya dari Wikipedia, yaitu :
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. 

Blog sebagai media sosial dan pribadi


Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Blog yang pertama kali diperkenalkan oleh John Barger pada Desember 1997 yang memperkenalkan  dan menggunakan istilah weblog yang berarti kelompok website pribadi yang mengup date postingan nya secara kontinyu dan berisi link-link yang dihubungkan dengan website atau blog lain yang dianggap menarik dan berisi komentar-komentar mereka sendiri.

Istilah Blogger ditujukan kepada si pembuat blog yang menunjukan kepribadian dari penulis blog tersebut, dimana tulisan-tulisan yang dibuat terkadang berisi opini, kejadian-kejadian yang sedang dialami, link-link yang dianggap menarik, serta file-file download yang bermanfaat berupa file PDF, Ms Word, Power Point, dsb. Di Indonesia sendiri muncul istilah Ngeblog yang berarti kegiatan menulis diblog.

Kini, blog berkembang sesuai perkembangan zaman dari waktu ke waktu. dan bahkan blog kini juga dimanfaatkan sebagai lahan mencari penghasilan. Tertarik untuk membuat blog ? Anda bisa memanfaatkan media penyedia blog gratis seperti Blogger atau Wordpress

Kedua platform blog ini sudah sangat terkenal di kalangan blogger yang memakai platform mereka, dengan kemudahan pengeditan serta tersedianya template-template yang menarik, membuat kedua platform ini sangat digemari. Jika anda ditanya platform blog dari Blogger versus Wordpress, anda pilih yang mana ?, jawaban kembali kepada anda. Jika anda sudah terbiasa menggunakan blogspot ( blogger ) pasti anda akan nyaman menggunakan platform ini, dan begitu juga sebaliknya dengan Wordpress. Saya pribadi dari dulu sudah terbiasa dengan platform blogger.

Tentunya dalam kegiatan blogging banyak sekali manfaatnya. Kegiatan blogging dan manfaatnya ini sangat beragam dengan tujuan utama pembuatannya. Ada yang membuat blog hanya untuk keperluan pribadi ( sebagai portofolio ) atau sebagai 'alat' penghasil uang ( monetize blog ). Ada begitu banyak sumber penghasilan dari blog yang bisa kita dapatkan, namun kita sebaiknya memilih satu atau dua diantaranya agar bisa fokus dalam mengoptimalkan pendapatan dari blog yang kita miliki, sebelum blog menjadi pendapatan akti atau pendapatan pasif bagi anda.

Kini keputusan ada di tangan anda dalam tujuan anda membuat dan membangun blog anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang baru menjadi blogger khususnya blogger pemula.




Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement