Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Blogger Versus Wordpress. Anda Pilih Mana ?

Saat anda membuat sebuah blog, kira-kira apa yang terlintas di pikiran anda ? Mungkin anda akan berpikir " platform blog mana yang akan saya pakai ?" . Pasti nya pertanyaan tersebut akan muncul bagi anda yang ingin membuat sebuah blog, khusus nya bagi blogger pemula. Dalam memilih platform blog, sebagian besar orang akan memilih 2 platform blog gratis yang sudah terkenal yaitu Blogger dan Wordpress. Namun dari dua pilihan platform tersebut, mana kah yang anda pilih ?


Sebelum anda memilih mana platform blog gratis dan terbaik menurut anda, saya akan menyampaikan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing blog provider tersebut yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Berikut penjelasannya : 

Dari sisi Dashboard 

Blogger : Dari sisi dashboard, kini blogspot yang merupakan nama sebutan lain dari platform Blogger memiliki tampilan dashboard yang responsif dan mudah digunakan karena sudah menggunakan teknologi AJAX , namun javascript dalam pada browser harus dalam keadaan aktif.

Wordpress : pada dashboard Wordpress yang baru tidak mengalami perubahan yang signifikan, artinya memudahkan bagi user yang terbiasa dengan Wordpress tidak menemukan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan dashboard yang baru.

Dari sisi Kostumasi Tema

Blogger : untuk mempercantik tampilan blog banyak pengguna blogger yang mengganti tampilannya sendiri baik melalui blogspot sendiri maupun dengan menggunakan template-template gratis yang cukup bagus yang bisa didapatkan di internet. Namun untuk merubah tampilan-tampilan template gratis tersebut sesuai keinginan kita, diperlukan sedikit pemahaman bahasa javascript dalam mengutak atik layout dan fungsi nya.

Wordpress : untuk wordpress sendiri, apabila kita ingin mengubah tampilan template dengan layanan gratis dari wordpress, maka kita hanya mendapatkan beberapa template standar yang bisa digunakan. Lain hal nya apabila kita memakai wordpress self hosting yang kita host di server kita sendiri, maka kita bisa melakukan perubahan yang lebih banyak pada wordpress tersebut.

Dari sisi import artikel

Blogger : blogspot hanya bisa mengimport artikel dari blog lain yang sama-sama menggunakan platform blogspot.

Wordpress : untuk urusan import artikel wordpress lebih baik, kita bisa memindahkan dan mengkopi artikel milik kita dari wordpress lain, typepad, yahoo 360, Tumblr maupun blogger.

Dari sisi penyimpanan gambar

Blogger : penyimpanan gambar yang disediakan oleh blogspot dalam satu akun sebesar 1 GB, namun blogger tidak punya dashboard khusus untuk melihat apa saja yang sudah kita upload sebelumnya, jadi mungkin anda kesulitan untuk mencari gambar atau foto lama yang pernah kita upload.

Wordpress : berbeda dengan blogger wordpress menyediakan ruang hingga 3GB untuk penyimpanan file foto serta pada dashboard wordpress juga telah menyediakan tampilan untuk pencarian gambar-gambar lama yang telah kita upload.

Dari sisi Post By Email

Blogspot dan Wordpress telah sama-sama dapat menerima posting yang dikirimkan melalui email untuk langsung dipajang di blog, fitur ini memudahkan kita apabila  blog yang kita miliki memberikan izin bagi blogger tamu yang ingin memberikan tulisannya di blog kita.

Dari sisi iklan

Blogspot untuk media pemasangan iklan sebahai tambahan pemasukan uang bagi anda, blogger lebih mudah digunakan karena blogger sendiri merupakan anak perusahaan google yang memberikan kemudahan pemasangan iklan adsense maupun jenis iklan lainnya seperti banner produk atau jasa.

Wordpress juga bisa digunakan dalam tujuan pemasangan iklan di blog dan terkadang hal ini membutuhkan pemahaman yang cukup baik dalam memasang plug in untuk script iklan yang ingin kita buat. Menurut saya blogger memberikan kemudahan dalam tujuan pemasangan iklan atau widget lainnya, karena sudah memasang tempat script HTML untuk javascript maupun lainnya, sehungga kita lebih mudah memodifikasinya.

Kesimpulan :
 Terkadang memang sulit untuk memadakan mana yang lebih cocok bagi kita. Namun, semuanya itu kembali kepada selera dan tujuan dalam membuat blog tersebut. Masing-masing platform ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Saya lebih memilih blogger atau blogspot di banding wordpress, karena relatif mudah digunakan dan mudah dipahami.

Selain hal itu, ada banyak sekali di internet kita temukan template-template gratis yang bagus dan menarik untuk kita gunakan. Dan juga banyak kita temui blog-blog yang membahas mengenai desain blog terutama dengan menggunakan platform blogger.

Sekali lagi, menurut saya pemilihan platform blog gratis dari Blogger dan Wordpress ini disesuaikan dengan ketertarikan dan tujuan bagi pembuat blog tersebut, yang terpenting bagaimana kita menyajikan artikel menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Namun bagi anda yang memilih Wordpress, saya bisa menyarankan template premium milik mas Handoko Tantra  yaitu GoBlog Theme v.2.0 yang cukup menari dan responsif( referal link ), tapi bagi anda yang sudah terbiasa dengan blogger atau blogspot dan ingin fokus memaksimalkan pendapatan adsense anda, saya bisa sarankan SpeedUp Blogger Template  yang cukup bagus untuk optimasi adsense anda. Kini apa pilihan anda ?


Salam.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement