Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sumber Penghasilan Dari Blog Yang Bisa Di Dapatkan.

Seperti yang pernah saya kemukan pada artikel sebelumnya mengenai kegiatan blogging yang bukan saja hanya sebagai tempat menuangkan ide pikiran kita dalam bentuk tulisan ke dalam sebuah blog. Tetapi blog yang kita miliki bisa menjadi lahan penghasilan bagi kita jika kita fokus dan memiliki ilmu tentang monetisasi blog melalui kegiatan blogging. Sesuai dengan judulnya Sumber Penghasilan Dari Blog Yang Bisa Di Dapatkan, saya akan membahas sedikit mengenai kegiatan blogging yang terkait dengan topik tersebut meskipun mungkin beberapa blog pernah mengulas mengenai hal ini, tapi tidak ada salahnya jika saya mengulas kembali mengenai topik ini dengan apa yang saya pahami.




Apa saja sumber penghasilan yang bisa kita dapatkan dari sebuah blog ?

Sebenarnya ada banyak sumber penghasilan yang bisa kita dapatkan dari kegiatan blogging ini, saya mengadopsi beberapa sumber penghasilan yang bisa kita dapatkan dari kegiatan blogging sebagaimana yang disampaikan oleh Darren Rowse  yang merupakan seorang blogger kelas dunia pemilik situs www.problogger.net yang membuat sebuah diagram yang menunjukan skema sumber penghasilan yang bisa kita dapatkan. Perhatikan skema di bawah ini :



Saya mungkin tidak akan menjelaskan secara detil mengenai pengertian dari masing-masing istilah skema diatas, namun saya akan menjelaskan secara garis besarnya saja. Semoga saya bisa menjelaskan secara detil mengenai masing-masing istilah dari skema tersebut di kesempatan lainnya.

1. Sumber penghasilan dari  blog yang pertama. Bagi anda seorang blogger pemula, anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog dengan mengikuti berbagai macam bentuk sumber penghasilan dari blog yaitu dengan menjadi Affliater  dari sebuah program Affliate Marketing baik yang diselenggarakan secara perorangan maupun secara jaringan. Selain dari affliate marketing, sumber penghasilan lainnya anda bisa bergabung menjadi Publisher dari beberapa situs yang yang menyediakan peluang menjadi pengiklan dari iklan-iklan yang mereka tawarkan baik produk mereka sendiri maupun produk orang lain. Beberapa contoh dari kegiatan advertising ( Pengiklan ) ini yaitu Ad Networks, Cost Per Impression ( CPM ), Cost Per Action ( CPA ), Cost Per Click, Sponsorship, Text Links, Pay Per Post, Job board/Classified, News letter Advertising, RSS Advertising. Semua jenis media iklan ini memiliki pengertian yang berbeda-beda serta aturan yang berbeda pula. Saya mungkin akan jelaskan masing-masing diantaranya di kesempatan yang lain.

2. Sumber penghasilan dari blog yang kedua. Selain sumber penghasilan dari blog yang pertama tadi, sumber penghasilan yang kedua adalah dengan menciptakan produk anda sendiri, baik produk fisik maupun produk digital berupa ebook, kursus-kursus online, video dan audio tutorial mengenai keahlian anda dimana mungkin orang lain  juga memiliki ketertarikan yang sama dengan anda dan membutuhkan ilmu dari anda. Selain itu juga bisa berupa webinar,reports, dan software-software bermanfaat yang bisa anda tawarkan. Untuk produk fisisk nya bisa berupa buku-buku, merchendise-merchendise atau berbentuk DVD.

3. Sumber penghasilan dari blog yang ketiga. Untuk sumber penghasilan yang ketiga ini ditujukan untuk blogger-blogger yang memiliki traffic yang tinggi serta disain blog yang menarik, sehingga blogger tersebut dapat menawarkan atau menjual blog nya kepada blogger lainnya. Hal ini bisa di karena kan selain traffic blog yang tinggi jual domain pilihan yang punya nilai jual yang cukup tinggi. Kegiatan menawarkan dan menjual blog ini disebut selling/flipping blog.

4. Menggunakan blog sebagai media untuk bisnis online maupun offline. Untuk kategori ini sebenarnya membutuhkan keahlian khusus dalam mendesain sebuah blog menjadi web toko online
bagi anda yang bergerak di bidang usaha toko online. Selain itu blog juga dapat digunakan untuk media promosi bagi toko offline anda selain toko online yang anda jalankan dalam arti melalui blog anda bisa menjelaskan dimana lokasi tempat usaha anda dan mengenai profil usaha anda. blog juga sering dimanfaatkan sebagai portofolio dari seseorang yang menawarkan jasa keahliannya atau portofolio seorang tokoh yang berpengaruh dan dikenal oleh masyarakat luas.

Ternyata begitu banyak sumber penghasilan dari blog yang bisa anda dapatkan, namun yang perlu diperhatikan dalam membuat blog yang menghasilkan pendapatan secara online yaitu tingkat traffic blog yang tinggi serta keunikan blog anda dari sisi konten yang anda buat didalam blog anda. Ayo, saatnya mencoba !

Baca juga 6 Cara Monetisasi Blog Anda sebagai referensi tambahan dari saya.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement