Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Sumber Ide Anda Dalam Menulis Postingan Blog

liverez.com
 Bagi anda yang yang berprofesi sebagai blogger baik sebagai pemula maupun full time blogger, terkadang merasa bingung untuk mencari ide menulis bagi blog anda. Hal demikian juga selalu saya alami ketika saya ingin membuat sebuah postingan blog tetapi tidak menemukan ide pikiran yang akan saya tulis. Mencoba untuk mencari topik yang terkait dengan niche blog anda terkadang tidak mudah dan juga memerlukan waktu dan pikiran untuk menemukan ide penulisan yang anda inginkan, saya coba membaca artikel-artikel blog dari Darren Rowse di blog nya yaitu www.problogger.net dan salah satu nya adalah artikel yang dia tuliskan berjudul 5 Sources of ideas for my blog posts, berikut ini penjelasannya :


 1. Pertanyaan-pertanyaan dari pembaca

 Mungkin bagi anda yang memiliki pembaca setia di blog anda sering mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seputar blogging atau make money online melalui blog yang serig ditanyakan kepada anda melalui beberapa sumber yaitu :

1. Email dari pembaca
2.  Komentar-komentar di blog anda
3. Pertanyaan-pertanyaan langsung yang ditanyakan kepada anda ( baik percakapan atau tanya jawab)
4. Melalui sosial media Dari pertanyaan-pertanyaan pembaca tersebut akan memberikan ide atau topik yang bisa anda tuliskan kedalam blog anda mengenai ulasan yang berhubungan dengan topik tersebut.

 2. Membuat survey pembaca di blog anda 

 Salah satu hal yang paling berpengaruh untuk mendapatkan ide menulis anda yaitu dengan membuat sebuah survey atau polling dengan membuat pertanyaan-pertanyaan sederhana.misal, pertanyaan seputar blog seperti ' Apa yang membuat anda tertarik untuk menulis blog ?'. Dari jawaban-jawaban pembaca anda, anda dapat mengetahui alasan dasar mereka menulis blog dan ini bisa menjadi ide bagi anda dalam membuat tulisan di blog anda.

  Memperbarui topik-topik sebelumnya.

  Bagi anda yang sudah membuat posting tulisan dalam jumlah yang banyak ( 100 atau bahkan 1000 posting ) dan ada beberapa topik yang anda buat mungkin sudah tidak relevan lagi,dan anda bisa meng- update. atau mungkin anda mengubah pendapat anda mengenai topik yang anda pernah ulas sebelumnya, atau anda bisa memperbarui informasi mengenai penggunaan sebuah tool atau software dan sebagainya, dan ini juga bisa menjadi ide anda dalam menulis.

Dalam beberapa kasus, mungkin anda ingin menghapus beberapa postingan sebelumnya ( Jika hal itu benar-benar salah ) atau anda bisa memperbarui link-link usang yang anda buat didalam postingan sebelumnya.

Kembali melihat posting-posting anda yang lama akan memberikan ide bagi anda untuk menulis

3. Cerita/Pengalaman/Percobaan/Belajar

Menurut Darren Rowse, apa yang ia tuliskan di blog nya merupakan pengalamannya selama bertahun-tahun dalam mengelola blognya sendiri yaitu melalui proses belajar dan percobaan yang ia lakukan terkait posting yang ia buat

4. Evolusi posting sebelumnya

Berikan perhatian tertentu pada posting-posting sebelumnya yang anda tulis dan bagaimana tanggapan dari orang-orang terhadap posting tersebut karena hal ini sering menjadi inspirasi terbaik bagi posting anda di masa depan.


5. Pembicaraan/Presentasi/Obrolan di Twitter

Hal ini khusus bagi anda yang menjadi seorang blogger profesional. Anda bisa mendapatkan ide-ide menulis dari hasil pembicaraan atau presentasi yang pernah anda  lakukan di seminar-seminar atau melalui media sosial seperti twitter dan facebook.


Demikian 5 sumber ide yang bisa anda dapatkan dalam menulis di blog anda.  Semoga menjadi inspirasi bagi anda disaat bingung untuk mencari ide penulisan anda. selamat berkarya !

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement