Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

6 Cara Monetisasi Blog Anda

Sebuah blog memang memiliki daya tarik tersendiri bagi pemilik nya. Selain sebagai wadah berekspresi melalui pikiran dan tulisan, blog juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber pundi-pundi penghasilan anda. Untuk blogger profesional mungkin sudah tidak terlalu masalah untuk menemukan cara bagaimana mendapatkan penghasilan dari blog, karena jalan untuk menjadi seorang blogger profesional tentunya sudah melalui trial and error serta jatuh bangun dalam membangun kredibilitas blog yang ia miliki dengan tujuan monetisasi blog yang ia harapkan. 



Apa itu monetisasi blog ?
Monetisasi blog adalah sebuah proses membangun blog yang baik dan bermutu dari sisi informatifnya dengan tujuan akhir yaitu untuk mendapatkan penghasilan dari blog baik pengasilan dari sumber advertising ( iklan PPC ) seperti Google Adsense atau melalui affliate marketer dan sebagainya. Namun bagaimana dengan blogger pemula yang belum menghasilkan pemasukan apapun dari blog yang ia miliki? Mungkin anda termasuk diantaranya ? Berikut 6 Cara Memonetisasi blog yang anda miliki agar bisa menjadi sumber penghasilan anda.


1. Menemukan Ide
   Sebelum anda memutuskan untuk membuat blog anda, ada baiknya anda mempertimbangkan tujuan pembuatan blog anda, apakah sebagai portofolio pribadi anda atau untuk tujuan monetisasi dengan melihat niche market yang sesuai dengan hobi atau skill yang anda miliki. Untuk itu diperlukan sebuah ide dalam menentukan niche market yang ada dan disesuaikan dengan hobi anda serta tingkat persaingan yang dimiliki. Apa itu niche market ? Niche market adalah ceruk pasar potemsial atau celah prospek dari permintaan pasar yang tersedia. Misal, banyak orang yang mencari informasi bagaimana cara membudi dayakan ikan lele melalui mesin pencari Google dan anda ternyata juga memiliki keahlian atau ilmu di bidang itu, maka anda bisa menuliskan nya di blog anda dan akhirnya banyak pembaca yang berkunjung ke blog anda karena mereka mencari informasi yang berkaitan dengan budi daya ikan lele yang mereka dapatkan di blog anda. Inilah yang disebut niche market.



2. Mulai lakukan !
Meskipun anda sudah menemukan ide tentang tema blog yang ingin anda buat serta mendapatkan banyak informasi mengenai cara memonetisasi blog tersebut, hasilnya tetap akan nihil jika anda tidak memulai nya. Buat lah blog yang sesuai dengan niche yang anda inginkan serta berusaha lah membuat sebuah artikel yang menarik diblog anda, jika anda melakukan ini dengan baik dan konsisten, tentu anda akan mendapatkan hasil dari apa yang anda usahakan.


3. Atur tampilan blog anda dengan baik.
Sebuah blog dengan tampilan yang menarik tentunya bukan hanya membuat pembaca blog anda merasa nyaman atau betah untuk berlama-lama membaca blog anda. Tetapi juga akan memudahkan bagi mereka untuk memilih artikel yang mereka inginkan di blog anda. Usahakan blog anda adalah blog yang SEO friendly dan responsive, karena saat ini banyak orang yang meng-akses internet bukan hanya melalui komputer saja tetapi juga melalui mobile device seperti smartphone dan tab. Akan menguntungkan bagi anda jika blog anda juga dapat di akses melalui peralatan tersebut.


4. Pelajari SEO dengan baik. Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan mengenai seo di internet. Coba anda pelajari dengan baik, baik untuk pemula maupun lanjutan. SEO diperlukan dalam meningkatkan traffic ataupun jumlah pengunjung blog anda.

5. Mulai memonetisasi blog anda. Setelah anda menemukan ide untuk blog anda serta mempelajari seo, saatnya anda mulai monetisasi blog anda dengan cara mengikuti program monetisasi yang banyak beredar di internet atau di blog lain yang menginformasikan cara memonetisasi blog.

6. Persistance
Poin terakhir ini yang banyak membuat orang berhenti di tengah jalan. Mengapa ? Karena sikap persistance yang tidak dimiliki membuat monetisasi blog tidak berhasil. Sikap persisten adalah sikap pantang menyerah dan tetap fokus dengan apa yang menjadi tujuan anda. Begitu juga dengan monetisasi blog yang anda lakukan, tetap menulis konten yang bermutu di dalam blog anda merupakan bentuk sikap persisten. Apakah anda bisa persisten ?
Demikian 6 cara memonetisasi blog yang bisa saya jelaskan saat ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda. Dan hal yang terpenting adalah anda tetap fokus dengan apa yang anda sudah rencanakan untuk blog anda. Selamat berjuang dan berkarya !

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement